yang udah berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

MAKASIH KUNJUNGANNYA, MAMPIR LAGI YA...

Rabu, 18 April 2012

dodolisasi debatisasi


Perosalan pelik kadang hanya kan memuncukan spekulasi dan argumen kacangan ; beberapa malah memunculkan efek dodolisasi(baca: merasa bodoh alias dodol) karena melihat orang-orang muncul dengan penjelasan yang ‘wah’ , ‘bling-bling; dan ‘bersinar-sinar’-gak tau bener atau engga-. Hal-hal semacam itu timbul begitu saja tanpa disadari (kecuali ada yang secara sengaja memunculkannya).

Kondisi itu memaksa saya untuk berpikir, “ngapain sih berdiskusi dan berdebat kusir?”

Ketika berada pada masa perundingingan, orang-orang akan sibuk mendebat dan berkata bahwa argumennya yang paling benar. Sekalipun si bang argumen salah, tetap saja dia dibela mati-matian. Bahkan, si pendukung bang argumen akan memunculkan akang argumen lain, mas argumen, bahkan mbah argumen untuk mendukung kekuatan bang argumen. Lalu, perbebatan pun semakin melebar. Demi apa? Demi perbedabatan yang semakin kusir(saya tidak terlalu paham dengan arti debat kusir; mohon revisi untuk kebaikan).

Lalu, semakin banyak argume yang muncul, dan semakin rumit permasalahan yang diperdebatkan. Lalu, persoalan utama pun terdistraksi oleh argumen-argumen bling-bling maupun kacangan yang berderet-deret muncul dan berusaha menjelaskan situasi. Lalu, semuanya sibuk berpikir untuk saling berbantah dan menyanggah, untuk apa? untuk sebuah jawaban ? atau hanya sebuah kepuasan?

separador

0 komen:

Cari

profil

Foto saya
seolah hitam, padahal kelabu.

sahabat

Blog Archive

Categories